Forgot Password?
|

5 Fakta Pulau Pasir Timbul yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta

Posted by : Kurniawan Aji Saputra August 10, 2017 Category : CatPer

Selain Pulau Leebong, ada pula Pulau Pasir Timbul yang jaraknya tidak begitu jauh dari Pulau Leebong. Pulau Pasir Timbul atau Pulau Pasir Burung adalah sebuah pulau kecil yang bisa ditempuh sekitar 10-15 menit menggunakan kapal motor.

Walaupun kecil dan hanya ada saat air laut surut, Pulau Pasir Timbul tak lalu kehilangan pesonanya. Pengunjung Pulau Leebong juga banyak yang tertarik singgah ke Pulau Pasir Timbul karena memang keindahannya. Walaupun kecil, pulau ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti tempat ganti baju atau ornamen-ornamen indah yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto seperti dermaga, gazebo, hammock, atau ayunan. Tak heran jika pulau ini juga jadi favorit wisatawan. Berikut 5 fakta tentang Pulau Pasir Timbul yang bisa bikin kamu jatuh cinta pada pandangan pertama saat mengunjunginya:

1. Hanya ada saat air laut surut

Pulau ini pun hanya ada saat air laut surut dan akan tenggelam saat air laut pasang. Tak heran jika dinamai Pulau Pasir Timbul. Selain dikenal dengan nama Pulau Pasir Timbul, pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau Pasir Burung karena banyak burung camar yang beterbangan di sekitar pulau ini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Pasir Timbul adalah saat siang hari. Selain karena langit cerah dan bagus untuk memotret, saat sore hari pulau ini perlahan tenggelam karena air laut yang mulai pasang. Saat ke Pulau Pasir Timbul, jangan takut untuk berbasah-basahan karena memang untuk menuju daratan berpasir dari arah dermaga, kamu akan melewati air laut yang dalamnya sekitar 30 cm. Lindungi barang-barang berhargamu dengan membawa dan memasukannya dalam dry bag yang tidak tembus air.

2. Memiliki pasir putih yang halus

Selain terkenal denganwarna pasirnya yang putih, Pulau Pasir Timbul juga terkenal dengan tekstur pasirnya yang halus. Teksturnya hampir seperti tepung terigu. Tak heran jika pengunjung yang datang ke sana senang untuk bermain pasir di pulau ini. Jika diperhatikan lebih detail, pasir-pasir di pulau ini juga memiliki lubang-lubang kecil mirip pori-pori pada kulit. Ternyata lubang-lubang kecil ini adalah lubang-lubang yang dibuat oleh kepiting-kepiting kecil yang berada di Pulau Pasir Timbul.

3. Ombaknya kecil dan sangat bersahabat

Sama halnya dengan Pulau Leebong, ombak di Pulau Pasir Timbul juga kecil sehingga aman digunakan baik itu bagi orang dewasa atau anak-anak bermain. Tak jarang terlihat beberapa orang bermain paddle board atau snorkeling di pulau ini. Selain itu, ombak yang tenang ini juga memungkinkan kamu untuk berenang di sekitar Pulau Pasir Timbul.

4. Ornamen pulaunya minimalis namun menambah manis

Kecil dan minimalis, itulah 2 kata yang mungkin bisa menggambarkan Pulau Pasir Timbul. Pulau ini tidak begitu luas dan hanya dilengkapi dengan 1 gazebo,3 buah ayunan, 1 hammock, dermaga tempat bersandar kapal, dan 1 ruang ganti sederhana namun ornamen yang minimalis itulah yang justru membuat Pulau Pasir Timbul semakin manis. Beberapa ornamen itu bisa kamu manfaatkan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. 

5. Habitat bintang laut

Kamu bisa menjumpai teman-teman ‘Patrick Star’ dalam film Spongebob Square Pants di Pulau Pasir Timbul. Iya, pantai di pulau ini memang sering disinggahi bintang laut yang terbawa arus. Kamu bisa memotret bintang laut namun hati-hati jangan sampai mengangkatnya terlalu lama dari dalam air. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan bintang laut mati. Jadi, bijaklah saat akan memotret bintang laut ya.  



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes