Forgot Password?
|

8 Alasan Harus Memasukkan Pulau Leebong ke Destinasi Impian

Posted by : Kurniawan Aji Saputra August 4, 2017 Category : CatPer

Belitung memang salah satu pulau yang terkenal dengan keindahannya. Tempat yang ngehitz berkat film Laskar Pelangi ini kini jadi destinasi wisata menarik baik itu untuk turis mancanegara atau dalam negeri. Pantai dengan bebatuan serta pulau-pulau kecilnya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Belitung. Maka tak salah jika tempat-tempat tersebut jadi destinasi wisata mainstream bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu di pulau yang terkenal dengan pantai pasir putihnya itu.

Nah, buat kamu yang pengen ke Belitung tapi nggak mau hanya berkunjung ke tempat-tempat wisata mainstream, kamu bias datang ke Pulau Leebong. Pulau Leebong merupakan pulau kecil yang terletak di Belitung yang luasnya sekitar 37 hektar. Pulau ini cocok sekali masuk ke dalam list destinasi impianmu kalau ke Belitung. Berikut beberapa alasan mengapa Pulau Leebong harus masuk dalam wishlistmu saat ke Belitung:

1. Pulau yang cantik dengan pantai dan pasir putihnya

Pantai dengan pasir putihnya memang jadi ciri khas pantai-pantai di Belitung, tak terkecuali di Pulau Leebong. Pulau ini juga menyimpan banyak keindahan. Pasir putih dan laut birunya adalah dua dari banyak keindahan yang ditawarkan di Pulau Leebong. Tak heran kalau tempat ini cocok dipakai untuk melepas penat. Selain itu, Pulau Leebong juga sudah dilengkapi dengan resort, resto, convenience store, tempat bilas & ganti baju, toilet, hingga musala. Pengunjung pun bisa menikmati Pulau Leebong hanya dalam one day trip atau berhari-hari dengan menginap disana.

2. Ombaknya tenang

Air laut di Pulau Leebong memiliki ombak yang tenang sehingga aman untuk bermain baik itu orang dewasa atau anak-anak. Di pantai, pengunjung bisa sekadar berenang atau bermain beberapa permainan seperti paddle board, snorkeling, bersantai di atas hammock, bermain kayak, atau volley pantai. Jangan sia-siakan waktumu hanya untuk berdiam diri ketika di Leebong karena banyak aktivitas seru di air yang bisa dilakukan.

3. Punya spot terbaik untuk melihat matahari terbit dan tenggelam

Kalau mau melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam, Pulau Leebong merupakan tempat yang tepat. Pasalnya di pulau ini memang terdapat spot-spot bagus untuk melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam. Salah satu spot yang direkomendasikan adalah Pantai Chikas. Di pantai ini terdapat 3 gazebo yang memang diperuntukkan pengunjung melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam. Saat menikmati matahari terbit, kamu juga bisa sambil melakukan meditasi dan menikmati segarnya udara pagi Pulau Leebong. Sementara itu saat matahari tenggelam, jangan lupa nikmati waktumu sambil abadikan momen indah itu di balik bidikan lensa ya!

4. Bisa menginap asyik di tenda atau rumah pohon

Pulau Leebong telah dilengkapi dengan resort atau penginapan yang bisa digunakan pengunjung untuk bermalam. Uniknya, penginapan-penginapan ini bukanlah sembarang penginapan. Penginapan di Pulau Leebong didesain unik yaitu berbentuk villa dan juga tenda. Ada 3 villa yang bisa digunakan untuk menginap yaitu Villa Zarra, Villa Barata, dan Villa Sikas. Villa-villa ini berbentuk rumah panggung yang didesain khusus dengan ornamen kayu yang artistik. Bahkan Villa Zarra berbentuk menyerupai rumah pohon. Selain villa, ada pula tenda-tenda yang bisa digunakan untuk menginap. Tenda-tenda itu bisa digunakan untuk rombongan dengan jumlah anggota 8 hingga 25 orang.

5. Makanannya memanjakan lidah

Saat lapar menghinggapi perut di Leebong jangan khawatir akan susah mencari makan karena ada Leebong Resto yang terletak di tengah-tengah Pulau Leebong. Leebong resto menyajikan makanan-makanan khas olahan hasil laut. Uniknya, makanan-makanan di sini tidak dilapisi atau dibungkus daun pisang melainkan menggunakan daun simpor. Kalau kamu makan di Leebong Resto, jangan lupa nikmati pisang goreng hangatnya yang enak atau pepes ikan sulir yang rasanya khas dan berbeda dari pepes-pepes pada umumnya.

6. Banyak tempat instagramable

Selain memiliki sudut-sudut instagramable ciptaan Tuhan, di Pulau Leebong juga memiliki banyak tempat-tempat instagramable yang khusus dibangun oleh pengelola. Tak heran jika beberapa kali tempat ini digunakan untuk pemotretan fotografer terkenal atau syuting acara televisi. Gazeebo-gazeebo cantik, dermaga panjang, dermaga pendek, hutan di tengah pulau, hingga ayunan atau hammock di atas air merupakan beberapa spot yang bisa digunakan untuk berfoto.

7. Mempertahankan flora asli Pulau Leebong

Sudah dikelola apik menjadi destinasi wisata tak lantas menghilangkan keaslian Pulau Leebong. Pengelola masih mempertahankan dan melestarikan beberapa flora asli pulau ini yang bisa dijumpai di hutan belakang menuju Pantai Cikas. Pohon kayu putih, sikas, jambu nasi, karamunting, dan pinus teratai merupakan beberapa flora asli Pulau Leebong yang masih dipertahankan. Selain pohon-pohon itu, masih banyak pohon lain yang memang sengaja dipertahankan pengelola demi keaslian dan keasrian Pulau Leebong.

8. Memiliki hutan mangrove terbaik

Tak lengkap rasanya jika ke Pulau Leebong tidak menikmati wisata hutan mangrove disana. Pasalnya, hutan mangrove di Leebong diklaim sebagai hutan mangrove terbaik di Indonesia karena tumbuh di atas pasir putih. Hutan mangrove disana luasnya sekitar 17 hektar dari total lahan 37 hektar di Pulau Leebong. Jangan lupa untuk wisata susur mangrove jika kesana dan rasakan sensasi seperti berada di Arizona. Tak hanya itu, pemandangan bawah laut di sekitar hutan mangrove pun terlihat jelas saat siang hari. Air laut yang dangkal memudahkan pengunjung untuk melihat terumbu-terumbu karang meskipun dari atas kapal.

 

Photos by :

Katerina (travelerien.com)

Ratna Dewi (ratnadewi.me)

 



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes