Forgot Password?
|

Lima Lokasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

Posted by : Dewi Ratnasari October 22, 2012 Category : Other

Sumatera Utara memang tak sefamiliar Bali atau Yogyakarta. Namun, wilayah ini ternyata memiliki destinasi-destinasi wisata yang menarik dan sangat bagus untuk dikunjungi. Selama ini, orang hanya mengenal Danau Toba di Sumatera Utara, namun ternyata banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi. Berikut lima lokasi wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi:

Danau Toba

Banyak mitos ataupun dongeng yang beredar tentang bagaimana awalnya Danau Toba terbentuk. terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.

Keindahan Danau Toba tak bisa dilepaskan dari Pulau Samosir di tengah-tengah danau tersebut. Di situlah terdapat pusat kebudayaan Batak berada. Jika pengunjung melakukan perjalanan menuju Pulau Samosir, maka mereka bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitarnya. Suasana Danau Toba yang sepi sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menenangkan diri dan menikmati indahnya alam.

 

Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan sebuah desa wisata kecil di bagian Sungai Bahorok di Sumatra Utara. Tempat wisata ini terletak sekitar 86 kilometer sebelah barat laut Medan. Bukit Lawang dikenal sebagai tempat perlindungan hewan khususnya Orang utan Sumatra (sekitar 5.000 orangutan menempati area tersebut) terbesar. Selain itu, Bukit Lawang juga merupakan jalur akses utama ke Taman Nasional Gunung Leuser dari sisi timur. Bukit Lawang juga dikenal sebagai pusat rehabilitasi orangutan yang didirikan pada tahun 1973. Tujuan utama adalah untuk melestarikan semakin berkurangnya populasi orangutan akibat perburuan, perdagangan dan deforestasi.

Banyak fasilitas wisata yang bisa ditemui di Bukit Lawang. Pondok-pondok wisata bernuansa alami dengan tarif bervariasi, restoran, areal camping ground, viewing centre, information corner, visitor centre, terminal, pintu gerbang kawasan, jalan setapak atau trail, papan informasi, feeding site hingga sampan penyeberangan menuju kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ada di sini.

Di Bukit Lawang dapat dijumpai beberapa jenis tumbuhan dan satwa yang bisa dibilang langka. Mereka di antaranya adalah kantong semar, meranti, keruing, damar laut, anggrek hutan, rafflessia, harimau, aneka ragam kupu-kupu, orangutan, siamang, kedih, beruang madu, kambing hutan dan lainnya.

Para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan sungai yang sangat jernih serta keberadaan Orangutan Sumatera. Sementara itu, kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain melihat satwa langka Orangutan Sumatra di feeding site, mengarungi jeram sungai Bohorok dengan ban (tubbing) dan rubber boat, menikmati keindahan air terjun, menjalajah gua, mandi di sungai yang jernih, berkemah di areal camping ground, berpetualang di hutan hujan tropis Sumatera, mengamati atraksi satwa, menyaksikan atraksi budaya masyarakat yang beragam dan hingga menikmati kuliner khas lokal.

 

Pulau Samosir

Jika mendengar Pulau Samosir, tentulah destinasi wisata ini tak bisa dilepaskan dari Danau Toba. Pulau Samosir memang merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir merupakan suatu pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini terdiri atas sembilan kecamatan, yaitu Pangururan (Ibu Kota Kabupaten), Harian, Sianjur Mulamula, Nainggolan, Onan Runggu, Palipi, Ronggur Nihuta, Simanindo, dan Sitio-Tio.

Pulau ini bisa disebut sebagai pusat kebudayaan Suku Batak. Pasalnya, di pulau ini tepatnya di Pusuk Buhit Kecamatan Sianjur Mulamula merupakan asal orang Batak. Pusuk Buhit merupakan perbukitan dengan ketinggian lebih dari 1.800 meter di atas permukaan Danau Toba. Perbukitan ini dipercaya sebagai alam semesta atau “Mulajadi Nabolon” (Tuhan Yang Maha Esa) menampakkan diri. Di kecamatan ini ada Desa Sianjur Mulamula yang terletak di kaki bukit Pusuk Buhit yang merupakan perkampungan pertama kelompok masyarakat Batak. Terdapat cagar budaya berupa miniatur Rumah Si Raja Batak di desa ini.

Namun, ada beberapa hal yang sangat disayangkan dari Pulau Samosir. Salah satunya adalah kurangnya perhatian pemerintah setempat terhadap potensi wisata yang dimiliki Pulau Samosir. Hal ini membuat Pulau Samosir masih kurang berkembang dibandingkan dengan potensi wisata lain di Sumatera Utara. Hal yang paling terlihat adalah dari akses menuju Pulau Samosir yang masih sulit untuk ditempuh dan memakan waktu yang lama.

 

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak bisa dibilang merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki gunung baik itu yang pemula maupun yang sudah mumpuni. Gunung Sibayak (2094 mdpl) secara administratif terletak di Desa Raja Berneh atau lebih dikenal dengan sebutan Desa Semangat Gunung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo (60 KM dari Kota Medan). Puncak gunung ini sudah porak poranda karena letusan yang terjadi di masa lalu. Gunung Sibayak hingga saat ini masih dikenal sebagai gunung api yang masih aktif namun memiliki kawah yang landai untuk dituruni. Dari puncak gunung ini kita bisa menyaksikan pemandangan kota Medan dari atas.

Selain udara sejuk, pengunjung yang mengunjungi destinasi wisata ini bisa menikmati jagung rebus dengan harga yang terjangkau. Selain itu, tidak jauh dengan lokasi ini pengunjung juga dapat melihat Air Terjun Sikulikap yang memiliki ketinggian di atas 7 meter. Sementara itu, sebelum beranjak menuju puncak Gunung Sibayak, di kawasan Doulu akan ditemukan lokasi pemandian air panas yang bersumber dari kawah Gunung Sibayak.

Nah, setelah sampai di Puncak Gunung Sibayak, pengunjung dapat menikmati pesona dan gugusan bebatuan serta kawah yang mengembuskan asap berbau belerang. Di pagi hari wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari pagi. Sementara sore harinya kita akan menyaksikan keindahan lembayung senja sambil menunggu matahari menuju peraduannya di ufuk Barat. Dari puncak Gunung Sibayak terlihat juga dari kejauhan beberapa perkampungan di bawahnya serta puncak Gunung Sinabung yang memang berdampingan dengan Gunung Sibayak.

 

Gundaling

Bukit Gundaling merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 1.575 M dari permukaan laut berjarak 3 km dari kota Berastagi. Banyak cara untuk bisa mencapai bukit ini salah satunya adalah dengan menggunakan sado. Pengunjung juga bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar bukit untuk mencapai ke atas bukit Gundaling ini. sementara itu, dari puncak bukit pengunjung dapat menikmati panorama gunung api Sibayak dan gunung api Sinabung yang mengagumkan.

Setelah sampai di atas bukit, pengunjung dapat menikmati taman dan beberapa situs yang berupa patung dan tugu. Di puncak Bukit Gundaling terdapat area yang cukup datar yang bisa digunakan untuk bermain. Selain itu, ada juga beberapa bangunan di antaranya gereja tua dan beberapa shelter untuk berteduh. Di sana juga terdapat beberapa tenda yang disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam sambil lesehan ataupun menikmati bekal dari rumah alias botram. Bagi yang ingin menikmati kuliner, di sana juga terdapat rumah makan yang terletak di pinggir bukit dengan hamparan lahan hijau yang menyejukkan mata.

Sementara itu, bagi Anda yang senang berbelanja, di sepanjang jalan di atas bukit ini terdapat banyak kios yang menjual souvenir mulai dari kerajinan tangan khas Batak sampai dengan kaus bertuliskan Berastagi. Kerajinan tangan ini dijual dengan harga miring yang tentunya masih bisa ditawar.



Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. (Sumber: Wikipedia) ...

Photos

Tuhan, tolong jangan butakan mata hati saya untuk mengejar sesuatu yang saya ingini tapi terlalu jauh saya gapai. biarkan saya melihat bahwa di dekat saya ada orang yang jauh lebih menyayangi saya... girly... feminin... simple... lovable... humoris... unique... adaptable... last but not least,,like WEDDING very much..
Read more about Dewi Ratnasari

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
© Copyright 2014. trackpacking.com

Subscribes