Forgot Password?
|

Tarian Dolalak Purworejo

Posted by : Kurniawan Aji Saputra May 30, 2011 Category : Agenda / Event

Adalagi niy yang terkenal dari daerah Purworejo, yupz kesenian tari ndolalak...

Saya cari manis kembang melati
Di saya cari manis kembang melati
Melati juga yang manis kepada saya


Syair itu cuplikan dari lagu pengiring tarian tradisional Purworejo, tari ndolalak (angguk). Selain lagu itu, para pernarinya juga diiringi suara bedug, terbang jawa, organ, dan kendang. Biasanya ketika para penari lainnya mundur teratur ada salah satu penari yang menggunakan kacamata hitam jingkrak-jingkrak agresif itu tandanya si penari sedang kesurupan roh halus.


Itu gambaran seni tradisional peninggalan leluhur yang jadi andalan dan masih berkembang di Purworejo sampai sekarang. Kelompok kesenian Ndolalak sudah menyebar dan kita tidak sulit mencari group-group ndolalak di kawasan kabupaten Purworejo. Bahkan sering pentas di acara-acara penting dalam negeri.

http://hennydwika.blogspot.com/2010/02/tari-ndolalak.html



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

You might like:

Comments

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
© Copyright 2014. trackpacking.com

Subscribes