Forgot Password?
|

Alun-alun Kidul Jogjakarta

Alun-alun di Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

Overview

Alun-Alun Kidul merupakan wilayah di belakang kompleks bangunan Kraton Yogyakarta yang bisa dijangkau dengan berjalan ke arah selatan dari Sentra Makanan Khas Gudeg Wijilan. Disimbolkan dengan gajah yang memiliki watak tenang, Alun-Alun Kidul merupakan penyeimbang Alun-Alun Utara yang memiliki watak ribut. Karenanya, Alun-Alun Kidul dianggap tempat palereman (istirahat) para Dewa. Dan jelas kini sudah menjadi tempat ngleremke ati (menenangkan hati) bagi banyak orang.

Pukul lima sore adalah awal keramaian Alun-Alun Kidul. Tenda-tenda pedagang mulai didirikan dan bahan makanan atau minuman yang akan dijajakan pun disiapkan. Begitu gelap, anda bisa mulai menjajal makanan dan minuman yang dijajakan. Bila berjalan ke salah satu sudutnya, anda akan menemukan kedai ronde, sebuah minuman berkomposisi wedang jahe, kacang, kolang kaling dan bulatan dari tepung beras berisi gula jawa cair yang hangat.

Usai memanjakan lidah, anda bisa mencoba atraksi yang dinamai Masangin, yaitu melewati jalan antara dua beringin yang ada di tengah alun-alun dengan mata ditutup kain hitam. Konon, jika orang mampu melewatinya dan tak serong atau menabrak maka ia akan mendapat berkah tak terhingga. Tapi, jangan mencoba untuk mengintip, sebab jika dilakukan anda akan masuk ke dunia lain. Anda akan mendapati alun-alun dalam keadaan sepi dan sulit untuk kembali ke alam nyata lagi.

Selain malam hari, anda juga bisa mengunjungi alun-alun ini, tentu untuk menyaksikan sesuatu yang berbeda. Anda bisa melihat gajah kraton di Kandang Gajah di siang hari atau melihat pertandingan sepak bola anak-anak dan remaja sekitar alun-alun di sore hari. Di pinggir alun-alun ini pula saat siang banyak pedagang klithikan yang berjualan. Anda bisa berburu barang-barang antik di situ.

Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. US$ 103
    Avg. price/night
    View Detail
    Melia Purosani Hotel Yogyakarta photo
    distance : 0.04 KM

    The Melia Purosani Hotel Yogyakarta is located in Yogyakarta making it one of the best hotels to stay at while in town. All 280 rooms at the hotel are ... More

  2. US$ 96
    Avg. price/night
    View Detail
    Ibis Yogyakarta Malioboro photo
    distance : 0.20 KM

    Ibis Yogyakarta Malioboro is located in the central business district of Yogyakarta, 10 kilometres from the Airport and just 300 metres from the railw ... More

View More

Tips

Muhamad Sadillah (Ableh)
tempat yang rame pernah naik sepeda rame2... n ngecobain lewat pohon itu gak bisa :D
327 weeks ago - comment
Nayla Salsabila
dulu gw pernah kesini nih, tapi gak pernah berhasil nge-lewatin pohon beringiin yang gede itu hihi.... , salut sama yang bikin nya sampe direncanakan buat games nya juga hihi, ohiya disini wedang rondenya enaak... gw suka bgt ronde yang gak ada kacangnya , maknyuus bneeer... nambah mulu` kalo udah nyampe di muluut hhihihi... *jadi terkenang haha*
327 weeks ago - comment

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes