Forgot Password?
|

Kawah Ijen

Kawah di Jawa Timur
Location
Province
Jawa Timur
How to Get There
Rute dari Jawa Timur

Overview

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak gunung ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa timur. Kawah Ijen dilihat dari puncak gunung Ijen sangat mengagumkan. Suasananya menyenangkan untuk di rasakan baik pemandangan alamnya maupun suasana alam membuat para pencinta alam menjadi tertarik untuk menjelajahi gunung Ijen ini. Di samping sebagai tempat rekreasi yang terindah di kawasan Banyuwangi, kawasan gunung Ijen sering dijadikan anak-anak muda sebagai tempat berkemah yang cocok. Kawah Ijen merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona. Selain itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, akan menambah sensasi yang dingin sekali bagi yang tidak terbiasa merasakan udara di kawah Ijen. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat ditemukan, seperti Bunga Edelweis dan Cemara Gunung.

Untuk menuju Kawah Ijen, Anda harus menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Jangan lupa membawa penutup hidup karena kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut. Anda juga dapat mengelilingi kaldera di kawasan ini yang memakan waktu mencapai 8 hingga 10 jam berjalan kaki.

 

 

Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. US$ 123
    Avg. price/night
    View Detail
    Merbabu Guest House photo
    distance : 0.30 KM

    The Merbabu Guest House is located in Malang making it one of the best hotels to stay at while in town. All of the hotel's 11 guestrooms are equipped ... More

  2. US$ 87
    Avg. price/night
    View Detail
    Santika Premiere Malang Hotel photo
    distance : 0.39 KM

    Discover all that Malang has to offer with Santika Premiere Malang Hotel as a base. The hotel has 112 rooms which are all nicely decorated to provide ... More

View More

Tips

Kurniawan Aji Saputra
mau nambahin info dari @tantri herdiyani :

pokoknya dari sby ke Ijen sekitar 8 jam dgn jalan makadam yg dlm proses perbaikan. kalo lwt banyuwangi katanya jalannya lbh parah. trus mending kalo naek ke kawah start subuh, krn jam 9 an kabutnya pada turun (pengalaman kemaren). utk penginepan disono sekitar 100rb (room) 500rb (guesthouse)

kalo naek kendaraan pribadi, jalannya gampang. dari bondowoso lurusss terus ampe ketemu pertigaan Sumberwringin, trus ikutin jalan aja cz jalannya cuma itu doank ga pake bercabang. trus ntar ditengah perjalanan di hutan ada jln makadam sekitar 3 km yg bikin stress yg masih tahap perbaikan. ntar di portal pertama wajib utk lapor n bayar administrasi, saya kmrn 2 org kena 5000. trus lanjuuuuuut sekitar 17 km suasana kebun kopi n nglewatin 3 portal lagi (ga bayar kok, cuma blg aja kmn tujuan kita). sampai di pos Paltuding, lapor lagi ke pos penjagaan n bayar 10000 utk 2 org. wktu itu saya start jam 08.00 dan sampai kawah jam 09.40 kalo ga salah, itu kabutnya udah turun. jd mendingan nginep aja disono trus brangkat subuh bareng bule2... hehe. jalurnya 2 km nanjak, 1 km datar. siap-siap

oiya...disana kan banyak penambang belerang. jadi ati2 aja kalo ditawarin bantuan ato apalah..modus jual jasa :D mereka juga kadang bawa belerang yg udah diukir utk dijual
150 weeks ago - comment
Pontjol
Ijen emang luar biasa mantab untuk dikunjungi...

Menambahkan sedikit info rute perjalan dari Banyuwangi,

Rute Pendakian :

Untuk mencapai gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa naik angkot trayek Banyuwangi - Licin - Jambu. Dari Jambu perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan ojek,landrover,truk penambang belerang atau menumpang mobil pengangkut sayur atau lebih extreme dgn jalan kaki 17KM. Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Alternatif rute adalah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen.

Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur dengan kemiringan 25-35 derajad. Selain menanjak struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.

Setelah beritirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.
177 weeks ago - 9 comment
ilma dityaningrum
Mantab! Belum pernah ke sana. Rencananya awal July ini. Semoga bisa..makasih infonyaaaa ^^
177 weeks ago
pontjol
Juni-Agust adalah bulan yg cocok untuk berkunjung ke Ijen. Selain musim liburan sekolah,tamu' eropa(Prancis-Jerman-Belanda)ramai yg berkunjung kesana. Selin itu,cuaca cukup bersahabat(cerah) cuman resikonya dibulan' itu cuaca cukup menusuk dinnginnya. kalo mau kesana kabar'i yach sapa tau banyak yg pengen gabung. Have a nice trip Jeng...
177 weeks ago

Destination Nearby

Where to Eat

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
© Copyright 2014. trackpacking.com

Subscribes