Forgot Password?
|

Pasar Beringharjo

Art di Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

Overview

Wilayah Pasar Beringharjo mulanya merupakan hutan beringin. Tak lama setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tepatnya tahun 1758, wilayah pasar ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya. Ratusan tahun kemudian, pada tahun 1925, barulah tempat transaksi ekonomi ini memiliki sebuah bangunan permanen. Nama 'Beringharjo' sendiri diberikan oleh Hamengku Buwono IX, artinya wilayah yang semula pohon beringin (bering) diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo). Kini, para wisatawan memaknai pasar ini sebagai tempat belanja yang menyenangkan.

pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya mempunyai makna filosofis. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya. Selain itu, Beringharjo juga merupakan salah satu pilar 'Catur Tunggal' (terdiri dari Kraton, Alun-Alun Utara, Kraton, dan Pasar Beringharjo) yang melambangkan fungsi ekonomi.

Di Pasar Beringharjo, anda dapat menemukan segala macam barang. Mulai dari batik, baju, sepatu, perlengkapan menikah, hingga makanan. Selain terkenal dengan harga-harganya yang murah, pasar beringharjo juga ramai didatangi oelh wisatawan yang seringkali berjalan-jalan di sekitaran malioboro.

Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. US$ 93
    Avg. price/night
    View Detail
    Inna Garuda Yogyakarta photo
    distance : 0.16 KM

    With its central location, Inna Garuda Hotel is within easy reach of most tourist attractions and business addresses in Yogyakarta. All the modern fac ... More

  2. US$ 59
    Avg. price/night
    View Detail
    Abadi Hotel Jogja photo
    distance : 0.19 KM

    With its central location, Abadi Hotel Jogja is within easy reach of most tourist attractions and business addresses in Yogyakarta. The hotel is a low ... More

View More

Tips

Boy Erfiansyah
Tempat beli batik alternatif kalo beli partai besar selain mirota batik yang di depannya. Dulu di sini ada sayur mayur juga yAng di jual, lumayan buat anak kost yang suka masak sendiri. Tetapi bagian sayur mayur udah di pindah ke pasar giwangan, soalnya lokasinya di pakai untuk Taman Pintar. Oh iya buat penggemar musik old school banyak di jual kaset2 lama n sekarang mungkin ada cd juga dengan harga miring. Recommended buat anak2 metal :D.
319 weeks ago - comment
Anton Ellyas P.
Tempat jualan batik dan beraneka ragam pakaian,bisa murah pokoknya pinter nawar ajah :) happy shopping
319 weeks ago - comment

About us

Trackpacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain. Ayo bergabung!
Copyright 2017. trackpacking.com

Subscribes