Pulau Karimunjawa

Pulau di Jepara Jawa Tengah

Tips

Andina Rahayu
PREPARE:

1. Waktu, karena ga akan puas kalau cm 1-2 hari di sini. Arrange cuti dari jauh-jau hari.
2. Fisik, banyak2lah olahraga untuk latihan fisik. Karimunjawa totally different dg lingkungan kita sehari-hari. Renang dan Jogging akan sangat banyak membantu.
3. Biaya, apa style vacation-mu sangat menentukan point ini. Koper atau Ransel? Tentukan dari sekarang.
4. Itenerary, jangan bosan untuk browsing info2 tentang Karimunjawa sebagai bekal pengetahuan spot mana yang bagus dan tempat mana yang wajib dikunjungi.

DO:

1. Listrik di Karimunjawa hanya menyala 12 jam, dari pukul 18.00 – 06.00, manfaatkan untuk charge semua alat elektronik seperti Kamera, HP, Handycam, dll. Jangan sampai ketika tour laut, anda melewatkan moment2 indah hanya karena baterai drop. Kan ga lucu..
2. Bawa & pakailah Sunblock Cream untuk melindungi kulit dan wajah which is your asset right?. Se metal-metalnya rocker atau se sangar-sangarnya rombongan Genk Motor yang lagi touring ke Karimunjawa, mereka tetep bawa kaca dan sunblock cream kok... wkwkwkw
3. Life vest itu wajib hukumnya selama tour laut. Apalagi buat yang ga bisa berenang. Meski terkenal tenang, laut jawa pun bisa menunjukkan keganasannya sewaktu waktu. Kalo kecebur ke laut dan temen2 se kapal ga ada yang mau nolongin, kan gondok... hehe
4. Optimalkan semua kesempatan yang ada selama vacation di Karimunjawa... “aji mumpung” (istilahjawa.red) sangat disarankan disini.
5. Selain wisata laut, kita juga bisa Wisata Kuliner disini. Datanglah ke alun-alun Karimunjawa yang hanya sebesar lapangan bola hehe... malam hari, kita bisa merasakan sensasi masakan khas Karimunjawa seperti pindang serani, sambal serapah, bakso ikan ekor kuning, siomay tongkol, dan yang paling “ajiiiiiiibbbbbb”... tongseng cumi !!!

DONT’S:

1. Jangan sampai telat datang ke KMP Muria. Karena begitu anda tidak mendapatkan tempat duduk yang PW (posisi wuenak), maka mampuslah !! 6 jam trip Jepara-Karimunjawa gonna be a nightmare !!
2. Selama di KMP Muria, jangan tinggalkan begitu saja barang berharga seperti Dompet, Kamera, HP dll.
3. Karang dan hewan-hewan laut di Karimunjawa memang sangat indah, tapi ternyata beberapa dianyatanya menyimpan racun. Jadi, jangan sembarangan menyentuhnya. Bisa-bisa liburanmu jadi kacau karena harus stay overnight di PUSKESMAS setempat. Kan ga lucu, liburan ditemenin suster keramas #eh suster apung Karimunjawa hehehe.
4. Jangan lepas alas kaki selama berkunjung ke pantai-pantai dan pulau di Karimunjawa apabila anda tidak ingin disengat ubur-ubur yang terdampar di bawah pasir pantai, atau terkena karang api yang sangat menyakitkan.
5. Jangan dekati ikan pari, apabila bertemu dengannya saat snorkeling. Sabetan ekor berdurinya bisa membuat anda panas dingin.

TIPS:

1. Untuk anda yang baru pertama kali ke Karimunjawa, saya sarankan ikut agen2 perjalanan saja dulu. Mengingat daerah tersebut belum kita kenal. Biasanya agen2 tersebut banyak menawarkan berbagai macam fasilitas dengan harga yang sangat terjangkau.
2. Masing-masing agen memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Aktiflah untuk melihat review di website, facebook ataupun twitter dari para traveller yang sudah pernah menggunakan agen mereka.
3. Beberapa agen penyedia jasa trip paket ke Karimunjawa antara lain: explore karimunjawa, karimunjawa for backpacker, karimunjawa info, sukawisata, wisatakita, backpack seru, lembah pelangi, picnicholic, dll
4. The best time to visit Karimunjawa adalah dari bulan April s/d September. Cuaca cerah dan ombak yang bersahabat akan membuat liburan anda sempurna.
5. Para penggila seafood, datanglah pada bulan Agustus. Why? puncak musim ikan cuuuyy !!
6. Bawalah uang tunai berlebih, because there's NO ATM !! ada juga Wesel Pos... gimana caranya aja banyak yang kagak tau hehehe
7. Tinggalkan dokumen penting yang biasanya menuh-menuhin dompet such as: Credit Card, STNK, SIM, Name Card, surat utang (jiahhh) hehehe selain ga berfungsi, ditinggal dirumah lebih aman kali ya..
8. Carilah tanggal keberangkatan saat laut surut, biasanya dapat dilihat di kalender model jawa/arab. Karena ketika laut surut, akan terlihat “gosongan” yaitu gundukan pasir putih nan lembut di tengah laut. Spot favorit untuk berfoto ria. Tapi jangan harap akan menemuinya ketika laut pasang.
9. Perjalanan Jepara-Karimunjawa di KMP Muria memakan waktu 6 jam. Dengan kecepatan hanya 7,5 Knot, menaiki kapal tambun ini seperti naik becak. Pelan dan semilir angin yang merayu membuat mata kita ingin terpejam. Jadi bersiaplah menata hati sejak sebelum berangkat. Kecuali anda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan KMC Kartini, waktu tempuhnya hanya 3 jam.
10. Carilah tempat yang nyaman selama penyeberangan. Isilah aktifitas dengan kegiatan seru. Bawalah koran / matras untuk alas tidur serta beberapa pengisi waktu: buku bacaan, iPod / pemutar musik, kartu remi, monopoli, halma, catur, dll.
11. Perjalanan dari Jepara-Semarang ataupun sebaliknya lumayan berat. Tapi relatif. Hampir semua armada bus tanggung menyetel vcd dangdut keras-keras. Mending kalo penyanyinya jelas seperti Iis Dahlia, Rita Sugiarto, Rhoma Irama, Mansyur S, dll. LAH?? Yang diputer itu konser dangdut kampung dg sound ala kadarnya dalam rangka khitanan, kawinan atu festival desa yang kita ga tau siapa mereka. Plus keringat para penumpang yang berdesak-desakan. Wuahh !! mantab !! pokoknya sesuai dg tagline sebuah permen: “manis asam asin, ramai rasanya !!”
12. Jadi saran saya, kalau masih ada budget, sewalah mobil pribadi. Atau kalau memang harus menggunakan fasilitas bus umum ini, carilah tempat duduk paling depan agar tidak desak-desakan dan bawalah earphone !!
13. Multivitamin is a must !! to protect your body during over activities in Karimunjawa.
14. Bawalah minuman instan, mie instan, cabai. Ketika kita menginap di homestay dan sudah mulai bosan dengan menu seafood, menu ini bisa menjadi “pelarian” hehe...
15. Bawalah t-shirt berwarna cerah, bersiap-siaplah kegerahan kalau pakai warna gelap
16. Apabila anda memiliki wetsuit, itu akan sangat membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang membakar ketika kita ber snorkeling ria di pulau-pulau nan indah itu.
17. Ketika mencari souvenir untuk oleh-oleh, ajaklah teman-teman anda beramai-ramai seperti rombongan perampok siap beraksi hehe... dengan begitu, si empunya toko (biasanya) akan lebih mudah memberikan discount.
386 weeks ago - comment
Andina Rahayu
if you say that u are a TRAVELLER..you have to go there ;) g bakaL nyeseL :DD
386 weeks ago - comment
Track-In

People who have been here

More People

Related Blog

Awwww Karjaw..!
by Lieke Amanda
Ga usah ditanyain, pasti pada tau Karimunjawa, kalo ada yang ga tau KarimunJawa, gih,  mandi kembang tujuh rupa, malu-maluin tau ga..! “orang Bali ke Karimunjawa??” atau kalo kata bos saya “Karimunjawa? Come on guys,

Continue Reading

Destination Nearby

Where to Eat

© Copyright 2018. trackpacking.com