Forgot Password?
|

Watu Dodol

Pantai di Banyuwangi Jawa Timur
Location
Province
Jawa Timur
City
Banyuwangi
How to Get There
Rute dari Jawa Timur

Overview

Obyek wisata ini berada di wilayah administrasi Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, letaknya yang berada di perlintasan jalur yang menghubungkan Banyuwangi dan Situbondo membuat obyek wisata ini sangat mudah diakses baik dari arah Situbondo maupun dari arah Banyuwangi kota. Dari arah Banyuwangi kota ke obyek wisata ini dapat ditempuh dengan jarak 14 kilometer ke arah utara. Atau sekitar kurang lebih 5 kilometer dari pelabuhan ketapang. Pada hari hari libur watu dodol selalu dipadati pengunjung. Karena letaknya berada di tepi jalan poros Banyuwangi – Situbondo, watu dodol biasa dijadikan tempat peristirahatan sejenak setelah menempuh perjalanan jauh.

Apabila Anda sering beperpegian ke Bali lewat darat, terutama lewat utara Jatim, yaitu kawasan Situbondo, maka saat memasuki wilayah Banyuwangi Anda akan disambut Gapura Kejut. Ada patung Gandrung (Kesenian khas Banyuwangi) di sebelah kiri. Deburan ombak dengan air laut yang benaing, serta ada onggokan batu besar di tengah jalan. Itulah yang disebut Watu Dodol. Konon menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat, nama “Watu Dodol” itu menceritakan asal muasal batu itu. Watu bahasa Jawa, dalam bahasa Indonesia Batu. Dodol, atau dalam masyarakat Using disebut Jenang.

Masih melanjutkan kisah tentang watu dodol, konon Batu itu berasal dari jualannya Kyai Semar yang terjatuh di tempat itu. Sedang berasnya tumpah, menjadi pasir yang bersih di sekitar pantai watu dodol Konon alat pukulnya, kayu kelor, terlempat dan menancap di sela-sela batu di kana jalan (kalau dari Surabaya). Ini juga aneh, di celah batu tumbuh pohon kelor. Bagi masyarakat Jawa, kelor merupakan senjata pamungkas untuk menghilangkan segala pengarus mastik yang dimilki seseorang. Seperti ilmu kanoragan atau ilmu hitam, diyakini akan luntur bila bersentuhan dengan kayu kelor..

Selain menikmati indahnya panorama laut, pengunjung dapat pula mendaki bukit yang letaknya hanya bersebrangan jalan, di bukit ini telah disediakan track untuk dilewati oleh pengunjung. Sesampai di atas bukit, pengunjung dapat melihat panorama selat Bali yang lebih luas dan indah.

Untuk masalah makanan dan minuman, di pantai wisata ini telah tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain itu juga terdapat kios-kios souvenir yang menyediakan barang-barang kerajinan berbahan baku dari kerang kerangan dan batu batuan laut.

Photos

More Photos

Hotels Nearby

  1. US$ 224
    Avg. price/night
    View Detail
    Waka Shorea Hotel photo
    distance : 13.23 KM

    With its central location, Waka Shorea Hotel is within easy reach of most tourist attractions and business addresses in Bali. The hotel is a low-rise ... More

  2. Avg. price/night
    View Detail
    Hotel Hapel Negara photo
    distance : 14.57 KM

    The Hotel Hapel Negara is perfectly located for both business and leisure guests to Bali. The Hotel Hapel Negara boasts a convenient location with mod ... More

View More

Tips

Nayla Salsabila
wah menarik nih tempat, gw baru tau, nanti bulan july mau explore jatim mudah-mudahan bisa kesini hee hee *horee*
376 weeks ago - 1 comment
pontjol
kalo sdh sampai watudodol jgn lupa skalian nyebrang ke bali hehehe...
370 weeks ago
Track-In

People who have been here

More People

Destination Nearby

Where to Eat

© Copyright 2018. trackpacking.com