10 Tips Memilih Ransel

Posted by : Dewi Ratnasari April 16, 2012 Category : Other

 

Ransel bagi mereka yang senang bepergian dengan cara hiking, merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan. Ransel sangat penting untuk membawa berbagai bekal perjalanan. Untuk memberikan rasa nyaman saat di perjalanan, tentulah kita tak bisa sembarangan dalam memilih ransel. Agar kita tidak direpotkan dengan ransel yang bermasalah, berikut ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih ransel.

  1. Sebelum memilih ransel, cek terlebih dahulu ukuran tubuh. Pengecekkan ini bisa dilakukan dengan mengukur panggul hingga  pundak. Untuk mendapatkan ransel yang pas haruslah terlebih dahulu mengetahui panjang tubuh kita. Caranya mudah, ukurlah dari tulang punggung yang ke tujuh (tulang yang menonjul tepat di bawah tengkuk atau leher bagian belakang) lalu ke bawah mengikuti kontur tulang punggung sampai ke titik bawah antara tulang punggung. Jangan lupa cek kedua sisi pingggangnya.
  2. Saat mencoba ransel, jangan lupa untuk memastikan kedua belah ikat pinggangnya berada pada posisi yang pas, yaitu tepat pada tonjolan tulang pinggang, bukan pada pinggang. Hal ini dikarenakan berat keseluruhan akan ditahan oleh ikat pinggang ransel. Jadi pastikan posisinya nyaman dan pas tanpa tergeser.
  3. Ransel merupakan peralatan yang sangat penting jadi janganlah ragu untuk melatihnya dengan sabar. Seperti halnya manusia, untuk memberikan kenyamanan, ransel juga perlu dilatih. Jadi sediakanlah waktu yang cukup saat memilihnya. Sebelum meninggalkan toko, cobalah masukan seluruh perlengkapan yang biasa dibawa ke dalam duffel bag lalu masukkan dalam ransel yang akan dibeli. Kemudian coba ransel tersebut untujk dibawa jalan-jalan. Paling tidak jalan-jalan memutari toko selama kurang lebih 20 menit. Hal ini untuk memastikan peralatan pas di dalamnya dan ransel bisa menampung berat secara baik dan nyaman.
  4. Belilah pada ransel yang mampu dibeli. Ini merupakan cara terbaik untuk memperlakukan diri kita dengan baik. Dari sini kita dapat memilih ransel yang pas dan mampu terbeli. Kenyamanan merupakan hal pertama yang harus diperoleh. Barulah setelah itu kita memperhatikan ketahanan dan kualitas ransel. Tidak ada gunanya jika kita membeli ransel yang awet tapi justru tidak nyaman untuk kita.
  5. Jangan lupa untuk mengenali berat yang akan dibebankan pada ransel. Selain itu, perhatikan pula lamanya waktu perjalanan yang akan ditempuh. Tak lupa perhatikan juga musim saat kita bepergian. Ransel kecil dibutuhkan untuk bepergian jarak pendek saat musim kemarau. Namun, jika akan menempuh perjalanan ke gunung salju, akan dibutuhkan banyak tempat dan kapasitas untuk menempatkan paralatan eksternal.
  6. Kenali pula medan perjalanannya. Jika berencana untuk menempuh pendakian dengan jalan setapak rapi, bisa kita gunakan ransel dengan external frame. Namun, jika kondisi medan perjalanan lebih berat, ransel dengan internal frame sangat nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan faktor keseimbangan yang sangat diperlukan.
  7. Jangan lupa untuk memikirkan adanya perubahan yang terjadi saat dalam perjalanan. Perubahan mungkin terjadi jika pendakian memerlukan pendirian tenda di setengah atau seperempat bagian menuju puncak. Yang perlu diperhatikan disini adalah pilihlah uransel yang bisa diubah ukurannya menjadi ukuran daypack.
  8. Ubahlah tabiat anda dengan memperlakukan ransel dengan apik. Anggaplah ransel seperti pacar. Jangan menempatkan segala sesuatu, khususnya sesuatu yang tidak berguna ke dalam ransel. Jika memang ransel akan digunakan untuk membawa banyak barang, pilihlah ransel yang memiliki banyak kantong. Pilihlah ransel sesuai dengan kebutuhan barang yang akan di tempatkan sehingga barang-barang tersebut nantinya mudah dijangkau. Jangan mempersulit dengan membawa ransel dengan kantong-kantong yang sulit untuk dijangkau dan justru akan merepotkan kita.
  9. Belilah ransel yang sesuai dengan berat jatah kita, khususnya jika kita akan mendaki secara kelompok. Tentukan bersama teman apa saja barang jatah yang harus kita bawa sehingga semuanya dapat disesuaikan.
  10. Pilihlah ransel yang sesuai dengan tempat minuman yang Anda sukai. Jika Anda suka dengan tempat minuman bertipe hydration tube, maka carilah ransel yang sudah terbuat menyatukan hydration tube dengan ransel. Atau bisa juga memilih ransel yang memiliki kantong di sisi bawahnyayang pas dengan ukuran botol minum Anda. 

Foto : AKAR RUMPUT ADVENTURE Store

Sumber : http://www.mapala-upn-yk.org



Tuhan, tolong jangan butakan mata hati saya untuk mengejar sesuatu yang saya ingini tapi terlalu jauh saya gapai. biarkan saya melihat bahwa di dekat saya ada orang yang jauh lebih menyayangi saya... girly... feminin... simple... lovable... humoris... unique... adaptable... last but not least,,like WEDDING very much..
Read more about Dewi Ratnasari

Comments

© Copyright 2020. trackpacking.com