Backpackidea 10 : Saya Tukang Pamer, Bukan Pejalan

Posted by : Kurniawan Aji Saputra January 9, 2014 Category : Majalah Travel

Waktu kecil, saya selalu gunung layaknya sebuah wisata yang menyenangkan dan nyaris tanpa kesukaran. Misalnya, melihat pemandangan indah, menghirup udara segar, dan bisa bercanda bersama kawan seperjalan. Tentu semua itu benar adanya! Namun, setelah mencoba sendiri, akhirnya saya sadar, mendaki gunung tidak semata-mata memberi kesenangan tapi juga pelajaran hidup.

Pelajaran yang saya dapat mula-mula adalah soal adaptasi. Suhu dingin yang luar biasa, keterbatasan persediaan air, curah hujan yang turun sewaktu-waktu, hingga kondisi jalan yang curam dan tak terduga merupakan beberapa contoh keadaan alam yang menguji kemampuan adaptasi fisik.

Selain itu, saya juga harus beradaptasi secara mental. Keinginan untuk menyerah dan menyudahi pendakian tak jarang muncul ke permukaan. Saya sadar, hal ini tidak boleh menguasai pikiran. Saya harus tetap berpikir positif, menikmati segala proses, dan fokus kepada tujuan.

Hal yang tak kalah penting adalah soal kesetiakawanan. Dalam banyak kejadian, saya merasa teman seperjalanan sungguh menjadi dewa penolong. Teman selalu meniupkan harapan saat semangat mulai kendur, mengobati tubuh yang terluka, juga mengingatkan bila saya alpa menghayati alam di mana kita berada.

Pernah seorang teman berkata, “Hati- hati bicara, alam maha mendengar.” Di hadapan alam yang maha mendengar, akhirnya saya hanya mampu berpasrah pada kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai manusia, kita memang hanya mampu beserah diri.

Alam sang maha pendengar ini telah melimpahi kita dengan keelokan gunung dan pegunungan yang banyak terdapat di penjuru negeri. Pada waktu-waktu tertentu, banyak orang mendaki gunung berharap mencapai puncaknya. Namun, ketika mendaki, jangan pernah lupa untuk menyerap sari pati nilai-nilai kehidupan. Jangan pernah lupa untuk menjaga dan melindungi alam. Kita semua berharap, apa yang ada tetap lestari. Take nothing but pictures, leave nothing but footprints, kill nothing but time.

Dalam edisi ini, Backpackidea #10 menghadirkan nilai-nilai kehidupan yang didapat para kontributor saat mendaki gunung. Semoga nilai-nilai ini menjadi roh yang baik mengawali kehidupan 2014. Selamat tahun baru!

Untuk lebih lengkapnya silakan baca Backpackidea 10. Majalahnya dapat diunduh di websitenya http://backpackidea.com/download/ . Kalian juga dapat saling sharing cerita perjalanan di twitter dengan follow https://twitter.com/backpackidea.  Selamat berpetualang!

 



Web programmer Kontan (Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis) and Backpackin Magazine (Majalah Backpaker Indonesia) . Taking great interests
Read more about Kurniawan Aji Saputra

Comments

© Copyright 2020. trackpacking.com