Pesona Pantai Pasir Putih, Warna-warni Sawarna (part 1)

November 6, 2012 Category : CatPer
Pesona Pantai Pasir Putih, Warna-warni Sawarna (part 1)

 

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Sawarna. Yang ada di bayangan saya tentang Sawarna adalah pantai pasir putih. Memang benar Sawarna memiliki pantai pasir putih namun ternyata Sawarna tidaklah sesederhana itu. Sawaarna merupakan desa wisata yang di dalamnya juga terdapat pantai yang tersembunyi, pantai berpasir putih.

Perjalanan dari Jakarta menuju Sawarna cukup memakan waktu yang lama. Perjalanan ke Sawarna via Sukabumi menghabiskan waktu tujuh hingga delapan jam perjalanan. Lamanya perjalanan lebih dikarenakan kendaraan harus melewati jalur yang cukup curam yaitu tanjakan dan turunan tajam serta kelokan-kelokan. Apalagi perjalanan dilakukan saat malam hari. namun, jangan khawatir karena mata kita akan dimanjakan oleh suasana pegunungan yang indah. Sayangnya, saat saya kesana sedang musim kemarau. Jadi, pohon-pohon besar terlihat meranggas termakan musim kemarau. Namun, masih banyak pemandangan indah yang lainnya kok yang bisa dinikmati seperti bentangan persawahan serta ‘penampakan’ pantai dari atas bukit.

Tiba di Sawarna, jangan dulu bersenang-senang karena akan bertemu pantai. Kita harus berjalan dulu menuju cottage yang akan menjadi tempat menginap. Banyak cottage yang tersedia di Sawarna dengan harga yang bervariasi. Tentunya harga cottage tergantung pada fasilitas dan juga letaknya. Untuk menuju ke cottage, kita harus melewati jembatan gantung yang cukup panjang dan menyeramkan. Namun jangan khawatir, kita bisa berpegangan di sisi kiri dan kanannya dan tentunya juga harus berhati-hati.

Nah, setelah itu kita akan menyusuri jalan setapak melalui rumah-rumah penduduk dan juga persawahan. Disinilah banyak terdapat penginapan baik yang berupa private cottage, standard cottage, ataupun home stay di rumah-rumah penduduk. Perjalanan dari jalan ke cottage lumayan jauh sekitar 500 meter. Sekedar tips, sebaiknya yang akan ke Sawarna, gunakanlah sandal yang nyaman karena kita akan banyak berjalan. Memang ada ojek dan persewaan sepeda tetapi harganya cukup mahal juga kalau kita akan bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain.

Untungnya saya mendapatkan cottage yang tak jauh dari pantai. Di sinilah terdapat pantai yang tersembunyi yaitu Pantai Pasir Putih. Mengapa tersembunyi? Karena memang letaknya yang ada di dalam dan tak terlihat dari jalan raya jika memang terdapat pantai. Jarak Pantai Pasir Putih dari jalan raya adalah sekitar 700 meter. Sedangkan dari cottage yang saya tempati hanya sekitar 200 meter menuju pantai.

Di pantai ini, kita bisa menikmati indahnya laut dan pasir putih. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena memang ada larangan untuk berenang di pantai ini karena memang ombaknya yang besar serta situasi yang masih sepi. Selain menikmati indahnya pantai, pengunjung juga bisa menikmati nikmatnya kelapa muda di warung-warung pinggir pantai serta berfoto-foto menikmati indahnya Pantai Pasir Putih.



Comments

© Copyright 2024. trackpacking.com