Tips Menyiapkan Makanan yang Disukai Anak-anak

April 19, 2023 Category : Kuliner / Jajanan
Tips Menyiapkan Makanan yang Disukai Anak-anak

Semua ibu sepertinya tahu, menyiapkan makanan, terutama untuk anak-anak, itu sangatlah susah. Kenapa? Sebab tak semua jenis makanan disukai anak-anak. Tak jarang, makanan yang sudah susah-susah kita siapkan, dengan bahan-bahan yang sudah kita pilihkan, yang bahkan kita anggap sangatlah lezat, ternyata malah tidak disukai anak. Akan tetapi di waktu lain, makanan yang kita siapkan ala kadarnya, justru disukai anak-anak.

Untuk para ibu baru, atau ibu muda, menyiapkan makanan untuk anak itu sangat tricky. Sifat picky eater dari anak harus bisa disikapi dengan baik. Jangan sampai karena anak suka suatu jenis makanan, kita jadi terus-terusan memberikannya. Pun sebaliknya. Jangan karena anak tidak suka, kita jadi tidak memberikannya. Padahal bisa jadi, makanan tersebut bagus untuk tumbuh kembang anak.

Makanan-makanan yang Disukai Anak

Nah ini yang pertama harus kita kenali, makanan-makanan yang disukai anak. Jika perlu, kita catat jenis makanan-makanan tersebut. Ketika sudah dapat, kita nanti tinggal mengolahnya dengan resep yang bisa disukai anak. Berikut ini beberapa jenis makanan yang secara umum disukai oleh anak-anak.

1. Daging ayam dan seafood

Di antara jenis daging yang ada di pasaran, daging ayam merupakan jenis daging yang banyak disukai anak. Tekstur seratnya yang cenderung lunak merupakan penyebabnya. Adapun untuk jenis daging lain, yang kadang memasaknya masih belum sampai empuk, membuat anak-anak jadi tak menyukainya.

Jenis seafood sebenarnya tidak terlalu banyak disuka. Terutama jika disajikan dalam bentuk seafood yang utuh. Barulah setelah diolahnya sedemikian rupa, misalnya dalam bentuk frozen food, anak-anak jadi suka.

Supaya lebih sehat, pastikan kita memasak jenis makanan ini dari bahan yang segar. Adapun untuk frozen food, membuat sendiri dari bahan alami, yang juga bisa ditambahkan sayuran ke dalamnya akan membuatnya menjadi makanan yang sehat.

2. Mie dan pasta

Olahan makanan yang satu ini juga disukai anak-anak. Aneka bentuk dan warnanya yang menarik, serta banyaknya kreasi bumbu yang menyertainya membuat anak-anak lebih banyak memilih makanan yang satu ini daripada makan makanan pokok yang lebih sehat. 

Untuk menyikapi makanan jenis ini, pastikan anak-anak tidak terlalu sering mengonsumsinya. Terutama jika mie dan pastanya kita beli di pasaran. Tambahan zat adiktif ke dalamnya bisa membuat makanan tersebut tidak sehat. Jika memungkinkan, kita sendirilah yang membuatnya secara homemade.

3. Nasi goreng

Makanan yang satu ini lumayan praktis untuk dibuat. Rata-rata, anak-anak menyukainya. Aneka topping serta berbagai macam bahan tambahan yang dimasukkan ke dalamnya membuat rasa nasi goreng menjadi lebih semarak. Dan anak juga suka memakannya. 

Tips untuk membuat nasi goreng, pilihlah bahan yang berkualitas. Tambahkan daging dan juga sayuran ke dalamnya. Pemotongan yang kecul-kecil dan penyajian yang menarik bisa membuat nasi goreng sehat buatan kita disukai anak-anak.

4. Burger dan sandwich

Anak-anak zaman sekarang menyukai 2 jenis makanan fast food ini. Makanan yang terdiri atas roti dengan isian daging yang sudah diolah ini memang rasanya enak. Tambahan makanan lain yang diberikan juga membuat dua jenis makanan ini meriah. Dari mulai irisan keju, saus dan sambal, mayonnaise, dan juga sayuran.

Untuk jenis makanan ini, sama juga. Jangan biarkan anak-anak terlalu sering mengonsumsinya. Apalagi jika dibeli di luaran. Membuat sendiri rotinya dan juga daging isiannya bisa membuat makanan jenis ini lebih sehat dikonsumsi anak-anak.

5. Cake, Cookies, dan Jelly

Makanan jenis ini memiliki tampilan yang cantik. Selain karena cantiknya, rasanya yang manis juga disukai anak-anak.

Usahakan anak-anak jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Kadar gulanya yang banyak bisa merusak gigi dan juga merugikan tubuhnya. Tak sedikit sekarang ini anak-anak yang jadi obesitas dan berisiko kena diabetes akibat kebanyakan mengonsumsi gula.

6. Popcorn dan Es Krim

Anak-anak pun menyukai dua jenis makanan ini. Rasanya yang enak dan lezat membuatnya demikian. Supaya lebih sehat, kita bisa menyikapinya dengan membuat sendiri makanan-makanan ini. Memilih bahan yang berkualitas bagus, kemudian mengatur kadar gulanya, dan lalu mengemasnya secara cantik, tentu akan lebih baik daripada keseringan membelinya di luaran.

Resep Masakan yang Akan Disukai Anak

Sebagai inspirasi lauk untuk makan berat, daging ayam merupakan bahan makanan yang paling mudah dipilih untuk membuat makanan yang disukai anak. Resepnya misalnya saja dengan diolah menjadi Ayam Saus Mentega. Tampilannya yang menggoda, dan juga rasanya yang nikmat, pasti anak-anak akan suka.

1. Alat dan bahan

  • Daging ayam setengah ekor, dipotong menjadi 12 bagian
  • Jeruk nipis 1 buah, diperas airnya
  • Bawang putih 1 siung, dicincang halus
  • Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis, secukupnya
  • Bawang bombay setengah siung, diiris tipis
  • Mentega, 1 sendok makan
  • Kecap inggris, 2 sendok makan
  • Gula pasir, setengah sendok teh
  • Saus Tiram Selera, 1 sachet
  • Air putih, 50 ml

2. Cara memasak ayam saus mentega

  • Daging ayam dicuci hingga bersih. Kemudian, dilumuri air perasan jeruk nipis serta bawang putih cincang.
  • Minyak goreng dipanaskan dan lalu dimasukkan daging ayam yang digoreng hingga matang kecoklatan. Daging ayam diangkat dan disisihkan.
  • Bawang bombay lalu ditumis dengan 3 sendok makan minyak goreng hingga harum dan layu.
  • Kemudian ditambahkan mentega, gula pasir, kecap inggris, dan juga Saus Tiram Selera.
  • Ayam yang sudah digoreng pun dimasukkan ke dalam tumisan bumbu. Diaduk rata dan dimasak sampai bumbu meresap.
  • Terakhir, air ditambahkan ke dalamnya, dan lalu daging dimasak hingga jumlah air menyusut.
  • Daging ayam pun diangkat, disajikan, dan siap disantap.

Resep Praktis dan Enak Berkat Saus Tiram Selera

Itu dia resep ayam saus mentega. Mudah dan praktis bukan? Tentu saja, karena resep tersebut menggunakan bumbu Saus Tiram Selera dari Kobe. Jadinya mudah dan praktis. Dan pastinya enak.

Sebagai informasi, bumbu Saus Tiram Selera dari Kobe rasanya gurih alami. Hal ini tentu tak lepas dari dibuatnya bumbu ini dari tiram asli, yang pemrosesannya menggunakan teknologi modern. Mana tanpa tambahan bahan pengawet dan tanpa tambahan pewarna buatan pula. Tekstur saus tiram ini lebih kental dan juga lebih pekat. Jadinya makanan yang ditambah Saus Tiram Selera dari Kobe, rasanya jauh lebih nikmat dan lezat.

Yuk coba memasak menggunakan produk tersebut! Seluruh keluarga dijamin menyukainya. Termasuk anak-anak. Untuk membelinya tidak perlu repot. Beli saja secara online di Kobe Official Store yang ada di Shopee atau Tokopedia. Atau jika sedang belanja langsung, di minimarket atau aneka toko juga banyak tersedia. Saus Tiram Selera dari Kobe ini multifungsi. Bisa ditambahkan pada jenis masakan apa pun. Ayo dicoba! 



Comments

© Copyright 2024. trackpacking.com