Air Terjun Pria Laot

Air Terjun di Sabang Nanggroe Aceh Darussalam

Overview

Air Terjun Pria Laot berhulu dari Gunung Sarung Keris dan berada di tengah-tengah hutan dengan aliran air yang betingkat.  Di bawah air terjun terdapat kolam penampungan yang dapat digunakan untuk berenang.

Ada yang tersembunyi di balik air terjun ini. Tanpa sengaja kami menemukannya. Di balik keindahan pesona alamnya, tersimpan sisi lain yang siap jadi potensi lain yakni spa alam.


Ekplorasi darat kami di pulau Sabang hari itu berujung di air terjun Pria Laot. Sebuah air terjun yang berlokasi di desa Pria Laot, 12 kilometer dari usat kota Sabang. Untuk menuju lokasi air terjun, Kita harus berhenti di ujung jembatan desa yang berada persis di depan menara pompa air minum kota Sabang. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 1 km.


Sepanjang jalur ke air terjun, Kita akan diajak ber cross country melewati bebatuan terjal sembari sesekali menyeberangi sungai. Lokasi Air terjun yang berada dalam hutan memberikan kesempatan Kita untuk menyaksikan beragam fauna liar. Kami beruntung bisa melihat biawak laut yang merupakan endemik pulau Sabang. Binatang ini tampak berjemur di pinggir sebuah kolam ikan milik penduduk sekitar. Kami sempat juga menjumpai jejak kaki hewan liar. Melihat bekasnya, mirip jejak babi hutan. Hal ini terlihat dari jumlah kukunya yang mencapai 3 buah. Kadal kayu yang berwarna coklat sempat pula kami lihat di beberapa lokasi. Sayangnya kami datang tidak di bulan Juni hingga Agustus. Pada masa itu, sepanjang jalur air terjun akan didominasi dengan kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong.

Tips

© Copyright 2022. trackpacking.com