Suku Osing

Suku di Banyuwangi Jawa Timur
Location
Province
Jawa Timur
City
Banyuwangi
How to Get There
Rute dari Jawa Timur

Overview

Suku Osing merupakan penduduk asli Banyuwangi atau juga disebut sebagai "wong Blambangan" dan merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Diperkirakan Sejarah Suku Using diawali pada akhir masa kekuasaan Majapahit sekitar tahun 1478 M. Perang saudara dan Pertumbuhan kerajaan-kerajaan islam terutama Kesultanan Malaka mempercepat jatuhnya Majapahit. Setelah kejatuhannya, orang-orang majapahit mengungsi ke beberapa tempat, yaitu lereng Gunung Bromo (Suku Tengger), Blambangan (Suku Using) dan Bali. Suku Osing mempunyai Bahasa osing yang merupakan turunan langsung dari Bahasa Jawa Kuno seperti halnya Bahasa Bali.

Suku Using menempati beberapa kecamatan di kabupaten Banyuwangi bagian tengah dan bagian utara, terutama di Kecamatan Banyuwangi, Kecamatan Rogojampi,kecamatan singonjuruh,temuguruh Kecamatan Glagah dan Kecamatan Singojuruh, Kecamatan Giri, Kecamatan Kalipuro, dan Kecamatan Songgon.

Kesenian Suku Using sangat unik dan banyak mengandung unsur mistik seperti kerabatnya suku bali dan suku tengger. Kesenian utamanya antara lain Gandrung, Patrol, Sebilang, Angklung, Tari barong ,Kuntulan,kendang kempul,janger,jaranan, jaran kincak,angklung caruk, dan Jedor.

 

Tips

© Copyright 2022. trackpacking.com