Taman Buru Gunung Masigit Kereumbi

Jawa Barat
Location
Province
Jawa Barat
How to Get There
Rute dari Jawa Barat

Overview

Kawasan Taman Buru Kareumbi-Masigit ini memiliki luas 12.420,70 hektar ini terletak pada area yang menjadi kewenangan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang danKabupaten Garut. Sebagian besar area berada di Sumedang dan Garut.

Masigit diambil dari Pasir Masigit yang terletak di sebelah timur kawasan. Sedangkan Kareumbi berasal dari gunung Kareumbi di sebelah barat kawasan. Kareumbi juga nampaknya diambil dari nama sebuah pohon, yaitu pohon Kareumbi (Homalanthus populneus) yang semestinya dahulu banyak terdapat di gunung tersebut.

Pintu masuk utama menuju lokasi yang sudah dikelola oleh Manajemen adalah yang melalui Cicalengka. Lokasi pintunya disebut “KW” yang merupakan singkatan dari “Kawasan Wisata. Pintu ini terletak di kampung Leuwiliang, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

KW dapat dicapai lebih kurang 14km dari kota Cicalengka, atau sekitar 90 menit berkendara dari Bandung. Jarak dari pintu tol. Jarak dari Tol Pasteur sampai KW kurang lebih 62 kilometer.

Kawasan Masigit-Kareumbi ini memiliki jenis flora dan fauna yang beragam. Selain dapat bercamping maupun melakukan pendakian ke puncak Gn.Masigit, kita juga dapat menikmati curug yang berada sebelum pintu masuk KW.

Tips

© Copyright 2022. trackpacking.com