Taman Nasional Baluran

Taman Nasional di Situbondo Jawa Timur
Location
Province
Jawa Timur
City
Situbondo
How to Get There
Rute dari Jawa Timur

Overview

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, sebelah utara Banyuwangi.

Terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas dari Taman Nasional Baluran.

Pada Hm. 80 Batangan – Bekol , terdapat sumur tua yang menjadi legenda masyarakat sekitar. Legenda tersebut menceritakan bahwa kota Banyuwangi, Bali dan Baluran sama-sama menggali sumur. Apabila, sumur di masing-masing kota tersebut lebih dahulu mengeluarkan air dan mengibarkan bendera, berarti kota tersebut akan merupakan sentral keramaian/ kebudayaan.

Lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
Batangan. Melihat peninggalan sejarah/situs berupa goa Jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi tarian burung merak pada musim kawin antara bulan Oktober/November dan berkemah. Fasilitas: pusat informasi dan bumi perkemahan.
Bekol dan Semiang. Pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, burung.
Fasilitas yang ada: wisma peneliti, wisma tamu, menara pandang.
Bama, Balanan, Bilik. Wisata bahari, memancing, menyelam/snorkeling, dan perkelahian antara rusa jantan pada bulan Juli/Agustus; dan sekawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.
Manting, Air Kacip. Sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, habitat macan tutul.
Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo. Bersampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, pengamatan burung migran.
Curah Tangis. Kegiatan panjat tebing setinggi 10-30 meter, dengan kemiringan sampai 85%.
Candi Bang, Labuan Merak, Kramat. Wisata budaya.

Tips

Tantri Swastika
sayang kesini pas musim hujan... bukan padang savana yg kutemui :P
505 weeks ago - comment
Ilma Dityaningrum
pingin ke sini... Meski diberi nama Taman nasional, Baluran ga hanya menyuguhkan alamnya yg indah..tapi juga kehidupan binatang2nya, sejarah...candi... keren!! mau mau mau berkuda di sini >.<
592 weeks ago - comment

Related Blog

Taman Nasional Baluran
by Travel Addict
Popularitas Taman Nasional Baluran terus melejit dalam beberapa tahun terakhir. Diband

Continue Reading

© Copyright 2022. trackpacking.com